Buku Anak-Anak untuk Mengembangkan Kosakata

Buku Anak-Anak untuk Mengembangkan Kosakata

Buku yang ditulis untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca anak-anak harus berada di depan pemahaman mereka dengan kenaikan yang mudah dicapai. Buku-buku pertama dalam cetakan besar dengan banyak gambar berwarna-warni tentu harus dalam bahasa yang sederhana dan menggunakan kosakata yang terbatas. Ini dimaksudkan untuk dibaca dengan bantuan dan dorongan dari seorang dewasa simpatik: seorang guru, orang tua atau saudara yang lebih tua. Dengan berlalunya waktu, semakin banyak membaca dilakukan sendiri, tetapi perolehan kata-kata baru terus berlanjut, dipahami dari konteks atau oleh rujukan ke orang dewasa atau kamus. Yang diperlukan untuk mendorong proses ini adalah menulis yang mengubah halaman dan tidak dapat dengan mudah disimpan.

Anak-anak mendapatkan bahasa ibu mereka dengan mendengarnya diucapkan dan belajar arti kata-kata dari konteks di mana mereka digunakan. Proses ini berlangsung selama beberapa tahun sebelum anak mulai menanyakan arti kata-kata baru, dan pada saat ini kata-kata itu menjadi lebih panjang, lebih langka, dan lebih teknis. Kemajuan yang sama dibuat dengan membaca. Banyak kata-kata baru diambil hampir secara tidak sadar oleh pembaca yang rajin, sementara yang lain meminta bantuan ke kamus, dan prosesnya berlanjut sepanjang kehidupan dewasa karena siapa pun yang telah membaca novel-novel Vladimir Nabokov akan bersaksi.

Fungsi paling penting dari buku anak-anak untuk membaca diam adalah menghibur; fungsi pendidikan harus disembunyikan dengan baik. Ada berbagai cara di mana kata-kata baru dapat diperkenalkan. Bahasa Inggris mengandung banyak sinonim dan penggunaannya dapat menghindari pengulangan kata yang sama yang tidak menarik. Dalam kasus seperti itu, arti umum kata-kata baru harus segera terlihat, meskipun pemahaman perbedaan nuansa halus bisa lebih lama dan melibatkan bacaan lebih lanjut. Beberapa kategori kata-kata diserap oleh anak-anak dan ini dapat digunakan untuk membangkitkan minat yang lebih luas. Jargon, terkait dengan perkembangan baru dalam komunikasi, olahraga, dan ilmu pengetahuan populer, mudah diperoleh, dan pidato karakteristik dari komunitas atau periode sejarah tertentu juga dapat digunakan untuk memperkenalkan kata-kata baru.

Pada suatu waktu, adalah hal yang biasa bagi orang dewasa untuk berbicara dengan anak-anak hanya menggunakan kata-kata dan frasa yang mereka harapkan didengar oleh pendengar, tetapi sekarang pembicaraan seperti ini jauh lebih jarang terjadi. Banyak guru dan orang tua terbiasa membicarakan anak-anak dan orang dewasa, mengharapkan pertanyaan jika sesuatu tidak dipahami. Penulis perlu memperhitungkan usia pembaca mereka, untuk menghindari tingkat kesulitan yang terlalu besar, tetapi tujuan yang mendasar untuk meregangkan pikiran muda adalah sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *