Guru – Pengembangan Kosakata – Membedakan Antara dan Di antara Tier 1, 2, dan 3 Kata

Guru – Pengembangan Kosakata – Membedakan Antara dan Di antara Tier 1, 2, dan 3 Kata

Isabel Beck dan rekan-rekannya telah membedakan antara dan di antara tiga 'tingkatan' kata-kata yang berbeda. Begitu saya pertama kali membaca buku mereka, Membawa Kata-Kata untuk HidupSaya tahu konsep 'berjenjang' mereka adalah sesuatu yang sangat masuk akal dan akan melayani kita semua sebagai guru yang perlu membuat keputusan strategis tentang apa yang harus diajarkan dan apa yang tidak diajarkan.

Berikut ini ikhtisar singkat tentang tiga tingkatan, yang kemudian akan saya ikuti dengan beberapa contoh kata Tier 2 yang dapat Anda gunakan saat merencanakan instruksi Anda.

  • Tingkatan 1 kata adalah kata-kata yang paling mendasar dan merupakan kata-kata yang cukup mudah untuk diajar, biasanya karena ada semacam rujukan fisik (biru, siku, meja, lari). Kita perlu menghabiskan waktu untuk mereka karena mereka sering muncul dan siswa perlu mengetahui kata-kata ini. Tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang diperlukan, karena mereka lebih mudah untuk mengajar daripada dua tingkatan lainnya.
  • Tingkatan 2 kata adalah ibu dari kata-kata. Ini adalah kata-kata berfrekuensi tinggi yang ditemukan dan digunakan di seluruh domain. Menghabiskan waktu untuk mengajarkan kata-kata ini secara mendalam, kaya, kuat … itu sepadan dengan usaha. Mengetahui kata-kata ini akan berdampak pada pembelajaran dan komunikasi siswa sepanjang hidup mereka. Kata-kata yang bisa dianggap kata-kata Tingkat 2 akan mencakup: perbedaan, suhu, omnivora, membesar-besarkan, mengikis. Anda dapat melihat bahwa ini adalah kata-kata yang mungkin memiliki makna tertentu di bidang konten tertentu, tetapi mereka digunakan dalam berbagai cara oleh pengguna bahasa yang matang.
  • Tingkat 3 kata adalah kata-kata yang kata-kata frekuensi jauh lebih rendah dan yang sangat spesifik untuk satu domain, biasanya. Sebagai contoh; oligopoli, marcato, litosfer, kuplet, analisis univariat. Ini adalah kata-kata penting, tetapi perlu diajarkan dalam konteks dan bidang subjek di mana mereka akan digunakan.

Ketika Anda mencoba memutuskan kata-kata apa yang Anda miliki Tingkat 2 kata-kata, gunakan kriteria berikut, seperti yang diberikan oleh Beck, dkk, dalam buku mereka, Membawa Kata-Kata untuk Hidup:

Penting & Utilitas, I.e., Apakah kata-kata yang digunakan pengguna bahasa yang matang berbicara dan menulis? Apakah kata-kata yang sering muncul di berbagai domain? Misalnya: agresi, mahakuasa, dll.

Potensi Instruksional, I.e., Adalah kata-kata yang dapat diajarkan dalam berbagai cara sehingga siswa dapat membangun representasi yang kaya kata-kata ini? Apakah kata-kata memicu gagasan yang memungkinkan Anda membantu siswa membuat koneksi dengan kata-kata dan konsep lain? Misalnya: merayap, berkelok-kelok, bersembunyi, dll.

Pemahaman Konseptual, I.e., Apakah kata-kata untuk siswa yang memahami konsep umum, tetapi mungkin belum memiliki ketepatan dan kekhususan dalam menggambarkan konsep yang akan disediakan oleh kata ini? Misalnya: dingin (vs. 'dingin').

Pertanyaan untuk Anda tanyakan kepada diri sendiri saat Anda merencanakan:

  1. Kata mana yang paling mendapat perhatian dari Anda dan dari siswa Anda? (Semua kata tidak diciptakan sama sejauh waktu dan usaha instruksi yang bersangkutan).
  2. Bagaimana Anda akan mengalokasikan waktu Anda sehingga Anda menghabiskan waktu dan upaya pada kata-kata yang akan memberikan perubahan paling kuat dalam pembelajaran siswa?
  3. Lihatlah kata-kata yang Anda ajarkan minggu ini. Untuk setiap kata dalam daftar, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apakah kata ini penting dan berguna, I.e., apakah ini kata yang akan muncul sepanjang hidup seseorang?
  • Apakah kata ini memiliki segala macam kemungkinan untuk instruksi, saya, dapatkah saya melihat banyak cara untuk mengajarkan kata ini – dan untuk membawa pembelajaran bahasa lainnya juga?
  • Apakah siswa saya memiliki latar belakang pengetahuan untuk memahami kata baru yang saya ajarkan – atau apakah saya perlu memberikan beberapa konteks untuk mereka, pertama?

Ini adalah pertanyaan KUNCI untuk ditanyakan ketika Anda menilai kata-kata yang akan Anda (dan tidak akan) menghabiskan waktu. Waktu, tenaga, dan upaya Anda – serta waktu, tenaga, dan usaha siswa Anda sangat berharga. Anda ingin menginvestasikan sebagian besar waktu pengajaran Anda kata Tier 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *