Memperluas Kosakata Anak Anda Mempromosikan Bacaan Ketrampilan

Memperluas Kosakata Anak Anda Mempromosikan Bacaan Ketrampilan

Belajar membaca tidak seperti mendaki gunung. Anda tidak hanya mengarahkan anak Anda ke puncak dan mereka kemudian menjadi pembaca yang terampil.

Alih-alih ada serangkaian keterampilan dan blok bangunan yang secara bertahap diperoleh anak-anak dan kemudian terus dikembangkan selama bertahun-tahun sebelum mereka menjadi pembaca yang benar-benar mahir.

Salah satu keterampilan penting itu adalah kosa kata. Kosakata mengacu pada kata-kata yang harus kita ketahui untuk berkomunikasi secara efektif dengan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Kosakata memainkan bagian penting dalam belajar membaca. Anak-anak menggunakan kata-kata dalam kosa kata lisan mereka untuk memahami kata-kata yang mereka lihat di media cetak. Kosakata juga penting dalam pemahaman membaca. Pembaca tidak dapat memahami apa yang mereka baca kecuali mereka tahu apa arti sebagian besar kata-kata.

Sementara kosakata sangat penting untuk membaca anak-anak mulai membangun kosakata mereka jauh sebelum mereka mulai belajar membaca dan terus membangun kosa kata mereka jauh setelah mereka menguasai dasar-dasar membaca. Bahkan, bagi kebanyakan orang, bangunan kosakata berlanjut sebagai upaya seumur hidup.

Anak-anak dapat diajarkan kosakata baik secara langsung maupun tidak langsung. Anak-anak belajar arti dari kebanyakan kata secara tidak langsung, melalui pengalaman sehari-hari dengan bahasa lisan dan tulisan. Kami mengajari anak-anak arti kata-kata saat kami berbicara kepada mereka dan menjelaskan dunia di sekitar mereka. Kami memperluas kosakata melalui pembacaan untuk anak-anak kami dan akhirnya anak-anak kami akan menambah kosakata mereka dengan membaca secara ekstensif sendiri.

Anak-anak belajar kosakata secara langsung ketika mereka secara eksplisit diajarkan baik kata-kata individu dan strategi pembelajaran kata.

Sangat berguna untuk mengajari anak-anak kata-kata spesifik sebelum membaca karena membantu baik pembelajaran kosakata dan pemahaman bacaan. Mengekspresikan anak-anak secara berulang-ulang ke kata-kata kosakata dalam berbagai konteks membawa pemahaman yang lebih mendalam tentang kata dan pengakuan. Penting juga bahwa anak-anak belajar cara menggunakan kamus dan alat referensi lainnya untuk mempelajari arti kata dan memperdalam pengetahuan tentang arti kata.

Anak-anak yang sedang belajar untuk memperluas bacaan kosakata mereka juga harus belajar bagaimana menggunakan informasi tentang bagian kata (seperti afiks, kata dasar, akar kata) untuk mencari arti kata-kata dalam teks melalui analisis struktural atau bagaimana menggunakan petunjuk konteks untuk menentukan arti kata.

Jika Anda ingin memperluas kosakata anak Anda, ada dua strategi tambahan yang dapat Anda terapkan. Pertama, jangan bicara pada mereka. Gunakan kosakata yang sama yang akan Anda gunakan dengan orang dewasa. Mereka akan belajar beberapa kata dari petunjuk kontekstual sederhana yang Anda berikan tetapi mereka juga akan menanyakan apa artinya sebuah kata yang menawarkan Anda kesempatan untuk menambahkan kata itu ke kosakata mereka. Strategi kedua adalah memperluas kosakata Anda sendiri. Membuat belajar kata-kata baru (dan menambahkannya ke percakapan) permainan atau kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Semakin banyak buku dan percakapan adalah bagian dari kehidupan anak Anda maka semakin banyak kosakata mereka akan terus bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *